Gunung Salak akan Dijadikan Kawasan Wisata Alam dan Rohani

Posted: August 14, 2009 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

Kawasan Gunung Salak, di Kec. Taman Sari, Kab. Bogor, bakal dijadikan sebagai salah satu pilot project kawasan wisata alam dan rohani. Pada tahun 2010, segala fasilitas dan infrastruktur penunjang di kawasan tersebut bakal dijadikan skala prioritas pembangunan di Kab. Bogor.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Bogor, H. Karyawan Faturrachman, di Cibinong, Kamis (13/8). Menurut Karyawan, banyak potensi wisata di Taman Sari dan Ciapus. Namun sayang, sejauh ini belum sepenuhnya tergarap secara maksimal. Padahal di daerah itu ada beberapa potensi wisata rohani, seperti petilasan dan pure Bali.

“Di pure itu pada hari-hari tertentu terlihat ramai dikunjungi ribuan umat Hindu dari berbagai daerah, bahkan mancanegara. Potensi ini-lah yang sebetulnya dapat dikembangkan sebagai salah satu potensi wisata rohani yang ada di Kab. Bogor. Jika tempat itu banyak dikunjungi orang akan meningkatkan kesejahteraan bagi warga sekitar,” ucap Wabup.

Wabup menambahkan, di kawasan Taman Sari, juga ada potensi pariwisata agro, yakni perkebunan buah markisa yang saat ini coba terus dikembangkan oleh masyarakat setempat, sebagai produk minuman khas Bogor.

Tidak hanya itu di Taman Sari juga ada kelompok tani tanaman hias, budidaya ulat sutra dan lainnya. “Jika potensi itu dipadukan dengan keindahan alam di daerah itu, saya sangat yakin akan jauh menarik dari pada puncak. Sebab, selain alamnya yang masih alami, di kawasan itu juga ada Kampung Budaya dan objek wisata alam berupa air terjun (curug) yakni Curug Nangka dan Curug Luhur,” papar Karyawan.

Melihat begitu banyaknya potensi wisata di lereng Gunung Salak, khusunya di Kec. Taman Sari, maka di tahun 2010 mendatang pembangunan infrastruktur penunjang, seperti jalan dan lainnya akan menjadi skala prioritas pembangunan sektor pariwisata di Kab. Bogor. (B-65/das)

Comments
  1. kang adya says:

    Kalo dari terminal Baranangsiang rutenya lewat mana yah? Makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s