Gelar Batik Nusantara 2009

Posted: August 7, 2009 in Event
Tags: , , , , , ,

pameran1Gelar Batik Nusantara kembali akan diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center tanggal 26 – 30 Agustus 2009. Pameran berskala besar ini akan menempati tiga hall yaitu assembly hall, main lobby dan plenary hall di balai sidang jakarta convention center yang mempunyai luas kurang lebih 15.000 m2 (gross). pameran kali ini bertemakan ”batik forever” yang dikemas dengan nuansa warna ungu di setiap kegiatan promosinya sebagai tren warna 2009 .

Gelar Batik Nusantara 2009 akan menghadirkan kemasan pameran yang lebih bermutu dan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya terutama dari jenis produk yang akan ditampilkan, interior pameran serta zoning yang akan disesuaikan dengan jenis produk.

Sejak awal tahun 2008, batik kembali menjadi tren. berbagai jenis model busana mulai dari pakaian kerja, sampai pada gaun malam menggunakan kain batik. tren batik yang mulai bangkit di dalam negeri ternyata juga berpengaruh positif pada ekspor batik ke mancanegara. berdasarkan data dari departemen perdagangan yang menunjukkan peningkatan ekspor dari tahun ke tahun. sejak tahun 2001, nilai ekspor batik tidak langsung mencapai sekitar 200 miliar rupiah, sedangkan ekspor langsung nilainya us$ 3,2 juta.

Selang lima tahun ekspor batik khusus di daerah jawa tengah tahun 2007 sebesar us$ 29,3 juta atau naik 20,24 persen dibanding tahun 2006 sebesar us$ 24,4 juta. nilai tersebut merupakan 36,46 persen dari total ekspor batik indonesia tahun 2007. pengrajin dituntut harus selalu kreatif dan inovatif di dalam pengembangan produk, jangan sampai hasil promosi batik yang sudah kita rintis dari tahun ke tahun hilang kembali karena kejenuhan masyarakat terhadap batik.

Pemerintah sudah membantu perajin batik, dengan mencanangkan adanya batikmark. pemerintah berharap praktik pemalsuan produk batik yang sering dilakukan negara-negara lain dapat diminimalkan. seperti kita ketahui, selama ini banyak produk batik buatan perajin indonesia yang diekspor tanpa identitas apa pun, sehingga sampai di negara tujuan, produk itu kemudian diberi merek dan identitas lain dan diakui sebagai produk negara lain.

Untuk itu, yayasan batik indonesia mengajak para pengrajin, produsen maupun pengusaha batik untuk dapat memanfaatkan peluang berpromosi dalam pameran gelar batik nusantara 2009 dengan menampilkan desain terbaru batik. akhir kata, marilah kita bersama-sama membangun kemandirian pasar industri batik indonesia agar lebih berkualitas, sehingga dapat memasuki pasar bebas.

Penyelenggara :

YAYASAN BATIK INDONESIA
Jl. Taman Widya Chandra II No. 4
Jakarta Selatan
Telp. : (62-21) 52907106

Pelaksana :

PT. MEDIATAMA BINAKREASI
Jl. Balai pUstaka Timur No. 39 Blok B-9
Rawamangun – Jakarta 13220
Telp. : (62-21) 4896942
Fax   : (62-21) 4893056
e-mail : info@ptmediatama.com
website : http://www.ptmediatama.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s