METAMORFOSA ARSITEKTUR 2009

Posted: July 28, 2009 in Event
Tags: , , , , , , , , , ,

5811_1196111107658_1374874980_30535164_3645996_nMETAMORFOSA ARSITEKTUR 2009

Arti dari METAMORFOSA yaitu perubahan bentuk dan struktur melalui pertumbuhan, seperti layaknya ulat yang berkembang menjadi seekor kupu-kupu. Dalam masa perkembangannya, ulat membutuhkan proses dari awal sampai akhir. Hal tersebut tak jauh berbeda dengan dunia Arsitektur yang membutuhkan suatu proses dalam mendesain untuk menghasilkan sebuah karya yang terbaik.

TEMA : HOUSING SOLUTION

Jakarta telah membuat banyak orang frustrasi karena gagal menjadi tempat yang lebih baik untuk tinggal. Sebagai sebuah kota urban yang terus bergejolak dan mengalami perubahan secara cepat, Jakarta seharusnya mengatasi segala macam persoalan yang terjadi pada kehidupan urban yang terdapat di dalamnya.
Sebagai contoh, beberapa perumahan di Jakarta kini harus dibangun dengan lantai minimum 3 lantai. Tak lain untuk mengatasi problema tanah yang semakin sempit dan harganya yang semakin mahal.

Bagaimanapun juga, kehidupan urban berkaitan erat dengan kualitas hidup manusia yang menjalaninya. Kualitas hidup di Jakarta itu sendiri berada dalam posisi rendah dibandingkan kota besar lainnya. Bahkan, dari tahun ke tahun pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Jakarta meningkat luar biasa, tetapi dari tahun ke tahun pula kualitas hidup tinggal di Jakarta menurun.

Bagaimanapun juga Jakarta adalah tempat tinggal kita untuk hidup dan bernafas. Karena itu kita sebagai mahluk yg ad didalamnya harus bias mengatasi permasalah tersebut. Salah satu upaya yg bisa diterapkan adalah melalui arsitektur yang baik, diantara haruslah memiliki nilai-nilai tertentu seperti ;

• Isu Lingkungan artinya dasar utama berkembangnya lingkungan buatan yang vernakular. Yang berarti lingkungan adalah seluruh ekosistem dan siklus perputaran energi alami. Manusia yang tinggal di dalam lingkungan buatan harusnya selaras dengan ekosistem tersebut karena manusia juga bagian dari spesies yang telah berevolusi menanggapi alam.

• Isu Sosial artinya lingkungan sosial merupakan faktor yang harus dipertimbangkan oleh arsitek ketika akan merancang sebuah bangunan. Jika akan membangun rumah tinggal, tentunya tetangga harus juga mendapat porsi untuk saling berinteraksi agar komunikasi tetap terjaga. Tempat tinggal yang nyaman berarti berkelanjutan secara sosial juga. Fasilitas – fasilitas umum dan akses yang mudah menuju area komersial atau ruang ruang publik menjadi sangat penting dan berarti penghematan waktu, energi / jarak tempuh. Bukankah berarti menjalani kehidupan sehari – hari menjadi lebih mudah.

• Isu Ekonomis artinya di tengah naiknya harga bahan-bahan bangunan, pembangunan yang baik adalah pembangunan yang hemat dan proporsional agar pemilik bangunan tidak terlalu dipusingkan oleh harga sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Hemat energi secara ekonomi berkaitan erat dengan kebiasaan penggunaan dana yang ada sekarang terbukti sangat tidak hemat dan efisien.

• Isu Kenyamanan artinya penghuni rumah tentunya mengharapkan kenyamanan agar mudah beradaptasi dengan sekitarnya.

Nilai-nilai tersebut merupakan nilai yang bisa membuat kehidupan urban menjadi lebih baik khususnya masalah hunian di perkotaan seperti Jakarta. Isu-isu ini jika diprediksikan terhadap konsep hunian ke depan, hunian ke depan adalah hunian yang fleksibel dan efisien yang dapat mendukung kualitas lingkungannya.
Mahasiswa Arsitektur Trisakti mencoba berpikir bersama akan hal tersebut dan kemampuan acara ini adalah menyumbangkan sesuatu untuk Jakarta yaitu, PESAN.

RUNDOWN ACARA :

Jumat 31-07-09 :
Pameran arsitektur mahasiswa dan alumni, pameran fotographi, legotechture, pemutaran film.

Sabtu 01-08-09 :
Seminar**, pembukaan acara, pameran, legotechture.

Minggu 02-08-09 :
Pameran, gathering alumni, penutupan.

** Keterangan :

Seminar FREE REGISTRATION, dan diselenggarakan pada pada :

– Tema : RUMAH IDEAL DAN KEBERLANJUTAN ENERGI.
– Waktu : Sabtu, 1 Agustus 2009 Pukul 09.00 WIB.
– Tempat : Aula Museum Sejarah Fatahillah Jakarta.
– Pembicara :
1. Yu Sing – Arsitek Praktisi
2. Sukendro Sukendar – Arsitek Praktisi
3. Ir. Baby S Dipokusomo, MSi – KEPMENPERA
4. Gregorius Wahyu Kurniawan & Sasha Media – HOLCIM FOUNDATION

Bagi yang berrminat hubungi panitia dibawah ini untuk mendaftar :
– Gracia Vallery 021 – 99511857
– Riska Irawati 021 – 96840079

Terima Kasih,

METAMORFOSA09

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s