Kemilau Sumatera 2009

Posted: July 18, 2009 in Event
Tags: , , ,

Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) bekerjasama dengan Pemprov Sumbar/Pemkot Kota Padang dan usaha (industri) pariwisata menggelar event ‘Kemilau Sumatera 2009’ di Taman Budaya Kota Padang, Sumatera Barat pada 26-29 Juli 2009.

Penyelenggaraan Kemilau Sumatera yang tahun ini untuk kedua kalinya, pertama tahun 2008 digelar di kota Palembang, Sumatera Selatan, dimaksudkan untuk mendorong Pemda se-Sumatera  dan usaha pariwisata ikut  mensukseskan program Visit Indonesia Year (VIY) 2009 yang mentargetkan kunjungan 6,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 231 juta wisatawan nusantara (wisnus).

Event Kemilau Sumatara yang dirancang sebagai ajang promosi seputar potensi pariwisata se-Sumatera ini diharapkan dapat mendorong peningkatan pergerakan wisnus untuk melakukan perjalanan wisata di dalam negeri serta meningkatkan kunjungan wisnus antar kabupaten/kota, antar provinsi dan antar pulau.

“Pemerintah (Depbudpar) menfasilitasi adanya wadah-wadah promosi bagi Pemda dan usaha pariwisata, di antaranya Kemilau Sumatera yang menjadi wadah promosi pariwisata se-Sumatera dalam upaya menciptakan kunjungan wisnus antar provinsi se-Sumatera,” kata DR. Sapta Nirwandar, Dirjen Pemasaran Depbudpar dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (9/7). Dalam acara pembukaan Kemilau Sumatera yang bersamaan dengan pembukaan Temu Karya Taman Budaya Seluruh Indonesia menurut rencana akan dibuka oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir. Jero Wacik, SE.

Dipilihnya Kota Padang sebagai tempat penyelenggaraan Kemilau Sumatera 2009 antara lain karena Sumbar merupakan destinasi wisata yang strategis dan pupuler di Indonesia serta menjadi pusat kegiatan wisata, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Selain itu Sumbar merupakan sentra pertumbuhan ekonomi yang terwujud melalui peningkatan pariwisata yang berskala internasional, regional maupun nasional.

Kemilau Sumatera yang akan diikuti peserta dari seluruh provinsi/kota/kabupaten se-Sumatara ini selama empat hari akan menggelar serangkaian kegiatan antara lain pemeran potensi pariwisata daerah, pertunjukan kesenian daerah,  karnaval budaya pengantin dan  fashion show pengantin daerah se-Sumatera, seminar, serta demo tata rias pengantin dan busana pengantin muslim.

* Sumber : Pusformas Departemen Kebudayaan dan Pariwisata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s