Diary Project 2009 “Aku dan Kota Tempat Tinggalku”

Posted: July 2, 2009 in Event
Tags: , , , , , ,

Diary Project 2009 Tobucil & Klabs

n69837861695_9775Bertepatan dengan ulang tahun Tobucil & Klabs yang ke 8, yang jatuh pada 2 Mei 2009, kami bermaksud kembali meluncurkan program online ini sebagai bagian dari visi dan misi tobucil, yang menjadikan gerakan literasi sebagai bagian dari keseharian. Tentunya dengan pengeloaan program yang lebih baik dan teknis yang lebih mudah.

Lewat program Diary Project 2009, Kami ingin mengajak partisipan untuk berbagi cerita yang menjadi narasi individu dengan tema-tema yang kami pilih sesuai dengan visi dan misi Tobucil & Klabs “Literacy in your everyday life”.

Apa tema Diary Project Tobucil & Klabs 2009?

Diary Project 2009 Tobucil & Klabs menawarkan tema “Aku dan Kota Tempat Tinggalku”. Melalui tema ini, kami berharap partisipan dapat menceritakan pengalaman maupun pandangan pribadinya tentang bagaimana sebuah kota meninggalkan jejak ingatan sebagai sebuah tempat tinggal. Kami yakin, setiap individu pastilah memiliki keterhubungan yang berbeda-beda dengan kota tempat tinggalnya. Ingatan-ingatan tentang kota sebagai tempat tinggal inilah yang akan menjadi kisah-kisah yang membangun kesejarahan kota dari sudut pandang warganya. Sehingga beberapa tahun kemudian, kisah-kisah ini akan menjadi catatan berharga saat generasi berikutnya, ingin mengetahui sejarah kota, tempat ia tinggal.

Apa tujuan dari program ini?

Secara sederhana, program ini bertujuan untuk mengumpulkan catatan-catatan tentang kota sebagai bagian dari sejarah sosial yang dibuat oleh warganya sendiri. Harapannya, catatan-catatan ini, membuat kita lebih mengenal kota tempat kita tinggal dan menjadi lebih peduli dengan segala perkembangan dan persoalannya.

Bagaimana cara bergabung dengan program Diary Project 2009 Tobucil & Klabs?

Caranya sangat mudah:
* Terbuka untuk umum, semua umur, semua kalangan dan gratis, selama dapat mengakses internet.
* Peserta bebas berdomisili di kota manapun, baik di dalam maupun di luar Indonesia.
* Tulis kisahmu yang sesuai dengan tema ‘Aku dan Kota Tempat Tinggalku’
* Panjang tulisan bebas.
* Keterangan tempat dan waktu harap ditulis dengan sebenarnya. Nama pelaku yang terlibat dalam kisah, bisa disamarkan, namun waktu dan tempat, mohon disebutkan sesuai dengan kejadian yang dikisahkan.
* Boleh menyertakan foto maksimum 5 foto dengan ukuran masing-masing 400 pixel resolusi 72 dpi. Kirimkan melalui attachment.
* Kamu juga bisa mengirimkan tulisan yang pernah kamu muat di blog kamu dengan mengirimkan link dimana tulisan itu berada.
* Untuk tulisan yang diambil dari notes di facebook, tulisan harap di copy ke body mail, lengkap dengan link alamat profil partisipan di facebook.
* Kirimkan tulisan, foto atau link tulisan kamu yang sesuai tema ke alamat email: tobucil@gmail.com, dengan subjek: Diary Project 2009 nama partisipan. Misalnya: Diary Project 2009 Tarlen Handayani.
* Setiap partisipan dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan.
* Program ini berlangsung mulai April sampai Desember 2009.
* Seluruh tulisan yang masuk akan di publikasikan di blog diary project 2009 http://tobucildiaryproject.blogspot.com/
* Seluruh tulisan yang dipublikasikan berada dibawah lisensi Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/3.0/

Setiap partisipan, harap mengirimkan biodata singkat berupa:
* Nama Jelas
* Kota tempat tinggal
* Alamat email
* Alamat blog
* Jenis Kelamin (tidak kami publikasikan)
* Umur (tidak kami publikasikan)
* Pekerjaan (tidak kami publikasikan)

Program ini merupakan program online Tobucil & Klabs

Penanggung Jawab Program: Tarlen Handayani (Program Director Tobucil & Klabs)
kontak: tobucil@gmail.com

Tentang Diary Project

Media catatan harian (diary) selama ini menjadi bagian yang akrab dari keseharian bagi banyak orang. Diary juga memungkinkan kita untuk berekspresi dengan leluasa dan mengungkapkan pandangan-pandangan yang sangat personal.

Diary Project merupakan program menulis buku harian yang terbuka untuk siapa pun yang tertarik. Program ini di latarbelakangi bahwa selama ini pengalaman, pemikiran-pemikiran, gagasan, dan ide-ide kreatif individu sering kali muncul namun lewat begitu saja karena tak ada proses pencatatan dan pembacaan lebih jauh. Selain itu, catatan tersebut dianggap tidak penting dan hanya dibaca oleh kalangan terbatas saja. Karenanya program ini mengajak sebanyak mungkin individu untuk berbagi catatan pengalaman dengan tema tertentu, untuk saling memberi inspirasi satu sama lain dan lebih jauh lagi menjadi bagian dari catatan sejarah sosial masyarakat.

Sekilas tentang Program Diary Project 01 dan Diary Project 02

Diary project adalah program Tobucil & Klabs yang pertama kali diselenggarakan tahun 2004 dengan mengambil tema mencatat pengalaman individu selama satu bulan (selama bulan September 2004). Diary Project 01 ini masih berupa pilot project, karena pada saat itu saya dan teman-teman menguji coba gagasan ini. Dari publikasi yang disebarkan lewat milis dan flyer yang difotocopy dengan jumlah terbatas, peserta yang mendaftar untuk terlibat dalam project ini kurang lebih 275 orang partisipan. Dari 275 yang mendaftar, kira-kira 125 orang yang menumpulkan karya berbentuk Diary (baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy).

Diary Project 02. kembali diselenggarakan pada bulan Oktober 2005 ini. Namun kali ini, Diary Project 02 menjadi semacam online project dimana partisipan bisa mendaftarkan dirinya langsung secara online dan juga mendisplay langsung tulisannya via online. Project ini menggunakan system blogging yang sekarang ini banyak digunakan untuk online diary. Diary Project 02, mengambil tema “Forgiven Not Forgotten”. Tema ini bertujuan mengangkat persoalan rekonsiliasi ditingkat yang paling kecil yaitu individu. Bagaimana setiap individu mengatasi hal-hal buruk yang terjadi dalam hidupnya dan bagaimana mereka bisa melalui hal-hal buruk tersebut. Untuk itu partisipan diminta menuliskan satu pengalaman terburuk dalam hidupnya dan bagaimana mengatasinya. Lewat project ini, diharapkan tiap partisipan bisa saling menginspirasi satu sama lain untuk menemukan jalan rekonsiliasinya, memaafkan hal-hal buruk yang pernah terjadi dalam kehidupannya untuk menjalani kehidupan selanjutnya dengan lebih baik.

Menemukan model pengelolaan program Diary Project ini secara online, ternyata bukan hal yang mudah juga. Di program Diary Project 02, kami menggunakan webmaster dan menggunakan domain khusus http://www.diaryproject.info dan itu membuat program ini secara teknis, sangat bergantung pada kehadiran webmaster yang mengelola situs diary project tersebut. Selain itu proses perubahan dan kepindahan tobucil dari jalan Kyai Gede Utama ke Jalan Aceh no. 56, membuat program ini, akhirnya vakum selama lebih dari 3 tahun.

Tentang Tobucil & Klabs

Sejak awal berdiri, 2 Mei 2001, tobucil memiliki komitmen untuk mendukung gerakan literasi di tingkat lokal. Melalui kegiatan-kegiatan klab yang berbasis pada aktivitas sehari-hari, tobucil memfokuskan kegiatannya pada kegiatan membaca, menulis, apresiasi dan pengembangan hobi. Tobucil & Klabs memahami literasi bukan sekedar kemampuan membaca dan menulis saja, namun juga kemampuan membaca lingkungan secara kritis serta keberanian untuk memahami diri sebagai individu yang mandiri dan memiliki potensi untuk berkembang dan berkontribusi pada perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s